Langsung ke konten utama

Review Buku Wanita Berkarir Surga




Halo assalamualaikum dunsanak sadonyo J
Kali ini Mel mau review buku wanita berkarir surga yang ditulis oleh Ustad Felix Y. Siauw. Hmm setelah baca buku ini, ada beberapa garis besar yang mau Mel sampaikan, antara lain:
1.       Feminisme
Di awal buku ini, ustad Felix Y. Siauw menjelaskan tentang feminisme. Kalau menurut Mel kenapa ustad Felix menjelaskan paham feminisme di bagian awal buku karena dari sinilah timbul perdebatan dimana ada beberapa wanita yang merasa kalo wanita itu tertindas karena aturan-aturan yang ada, apalagi di agama islam banyak sekali aturan yang diberikan kepada wanita. Nah di bagian bab ini, bakalan ada penjelasan tentang sejarah awal mulanya paham feminisme ini muncul, pandangan dari berbagai agama tentang wanita juga menjelaskan tentang imbas dari feminisme ini dan kemudian muncul paham anti-feminisme karena sudah mengetahui akibat dari paham femininsme ini .
2.       Perbedaan laki-laki dan wanita
Nah di bagian inti ustad Felix jabarin apa aja perbedaan antara wanita dan laki-laki, dan karena perbedaan inilah kodrat wanita dan laki-laki itu berbeda dan tidak bisa disamakan. Tapi bukan berarti wanita tidak bisa berkarya, wanita tetap bisa berkarya dengan cara yang Allah ridhai dan bukan berarti harus sama dengan laki-laki.
Nah ini nih beberapa poin perbedaan wanita dan laki-laki
·         Otak.
Kalo dari segi otak, ada perbedaan antara otak wanita dan laki-laki yaitu di bagian korpus kolosum. Korpus Kolosum yaitu lapisan penghubung antara otak kanan dan otak kiri. Untuk wanita korpus kolosumnya lebih tebal 30% dari pada laki-laki sehingga lebih banyak koneksi antara otak kanan dan otak kiri, dan hal ini berpengaruh kepada perbedaan sikap keduanya.
·         Fokus vs Multitask
Nah perbedaan ketebalan korpus kolosum ini berpengaruh terhadap sikap wanita dan laki-laki dalam mengerjakan sesuatu.  Sadar ga sih kalau wanita itu multitasking, coba lihat dari seorang ibu yang bekerja tapi tetap bisa mengerjakan pekerjaan rumah dalam waktu bersamaan ? ini karena wanita memiliki korpus kolosumnya lebih tebal 30%.
·         To do Point vs Cerewet
Wanita itu cerewet yaa. Yap ini merupakan perbedaan antara wanita dan laki-laki dari cara bicara keduanya. Coba deh teman-teman tanya tentang perasaan misalnya bagaimana kerjanya hari ini, dan teman-teman tanyakan kepada 2 orang satu wanita dan satu lagi laki-laki, dari sana dapat dilihat bahwa wanita bakal lebih banyak mengeluarkan kata-kata dari pada laki-laki, kenapa bisa seperti ini ? nah menurut penelitian yang dilakukan Barbara Pease, ia mengatakan bahwa rata-rata wanita bisa berbicara dengan jumlah kata sebanyak 16.000 kata sedangkan laki-laki sebanyak 7000 kata, sangat jauh perbedaannya kan. Nah biasanya wanita berbicara karena ingin mencurahkan apa yang ada dalam hatinya sedangkan laki-laki lebih mencari solusi ketika ada masalah.
·         Logika vs emosional
Nah hal ini masih berhubungan dengan otak kanan dan otak kiri. Pada otak laki-laki otak kirinya lebih pesat berkembang dari pada otak kanannya. nah karena itulah pria menggunakan logika lebih baik dibandingkan wanita. Sedangkan pada wanita lebih menggunakan logika dan perasaan ketika menghadapi suatu masalah.

3.       Fitrah laki-laki dan wanita
Kesimpulan yang bisa Mel dapat dari bagian  yang ini yaitu  fitrah wanita sebagai pemelihara sedangkan pria sebagai pemburu. Nah untuk penjelasan selengkapnya teman-teman bisa baca langsung di buku ini J dan disini juga dijelaskan karir seperti apa yang disebutkan wanita berkarir surga itu, dan di bagian ini juga dijelaskan tentang agama islam sebagai jawaban dari segala keresahan yang dirasakan wanita ketika dia merasa wanita itu dikekang dengan berbagai aturan, padahal dengan adanya agama islam itu menaikkan derajat wanita.
4.       Kemuliaan Wanita dalam Islam
Nah tentang kemuliaan wanita ini ustasd Felix mencontohkan kepada kemuliaan yang dimiliki oleh istri-istri nabi Muhammad saw seperti Khadijah dan Aisyah serta Maryam dan Fatimah.

Nah itulah review dari buku wanita berkarir surga, ini belum semua yang ada dibuku Mel tuliskan ya, so beli bukunya biar bisa dapet cerita lengkapnya :) Semoga dengan review ini bisa buat referensi teman-teman sebelum beli buku wanita berkarir surga J Oiya Mel beli buku ini di Blok M lantai basement, info disana harganya lebih murah, tapi ya  harganya sesuai juga sama kualitas bukunya :D




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diet dengan Nestum "Nestle" enak tanpa nyiksa

Assalmualaikum teman2, pie kabare ? Sehat2 aja kan ? Alhamdulillah Melvi juga sehat, makin sehat malah wkwk. Bahagia juga kan ? Alhamdulillah Mel juga bahagia, keliatan dari badan hahaaa. You know guys, ini first time berat badan gueee di atas 70 kg, otokeee 😦, tepatnya kemaren ini berat gue sudah mencapai 74,5 kg :). Tapi kalau ga makan malam gue berkurang menjadi 73,3 kg. Dan alhamdulillah berkat ga makan malam dan cuma makan nestum, itu tuh produk baru dari Nestle, so berat yang awalnya 73,3 kg setelah makan nestum berat gua cuma naik 0,03 kg, jadi total berat badan cuma 73,6 kg (cuma ? Hahaa ) yeeey :D. Ini nih buktinya Ini timbangan Mel jepret habis magrib ya sekitar jam 7an "13 Januari 2019", ini kondisinya udah BAB, kerja sampe ngeluarin keringat banyak hari itu plus belum makan malam dengan keadaan perut laper per per. So, karena gue tau nih, kalo makan malam pasti balik lagi berat badan gue jadi 74,5 kg, jadi gue mau hindari bener2 deh makan malam, karena sem

Pengalaman Merantau ke Kota Tangerang

                                                                                                                                                           Haloo assalamualaikum dunsanak sadonyoo :) Sudah lama ya kita tidak bertemu di blog ini huhuuu maafkan Soalnya kemaren Mel sibuk pindahan, yap pindahan, Mel sekarang udah ga di Padang lagi huaaa but im in Banten :D tepatnya di kota Tangerang, unpredictable :). Nah Mel mau ceritain pengalaman Mel selama tinggal di Tangerang, semoga buat teman-teman yang mau merantau ke kota Tangerang juga terbantu dengan pengalaman Melvi ya :). Nah sebelumnya, Mel mau ceritain sedikit nih tentang kota Tangerang, jadi teman-teman bisa dapat gambaran tentang kota Tangerang :D. Kota Tangerang merupakan salah satu kota di provinsi Banten, nah selain kota Tangerang ada 3 kota lagi antara lain kota Serang, Cilegon dan Tangerang selatan. Nah di provinsi Banten ini ada 4 kabupaten juga ya antara lain kabupaten lebak, pandeglang, serang dan tange