Langsung ke konten utama

Inilah Penyebab Pertengkaran dalam Rumah Tangga


Nikah
Yap, kata itu yang saat-saat ini sedang sering Mel dengar, topik yang lagi hangat-hangatnya dibahas kalo ketemuan sama teman-teman, entah itu soal kriteria pasangan idaman, jodoh yang tak kunjung datang, atau dia yang pergi ketika kita lagi sayang-sayangnya hahahaa, sedihnya.
Tapi, terkadang ada satu pertanyaan yang mesih terngiang, memang apasih sebenarnya hal yang membuat suatu rumah tangga itu kandas ?
Ada teman yang sudah berkeluarga mengatakan, biasanya ada 3 hal yang menjadi penyebab pertengakaran dalam rumah tangga antara lain
-          Hubungan biologis
-          Ekonomi
-          Keluarga

Nah, dari sana teman-teman pernah kepikiran ga atau ada rasa ingin tahu, memang seperti apasih konfliknya, bagaimana awalnya konflik itu terjadi dan bagaimana cara mengatasinya agar ketika kita menjalani kehidupan rumah tangga nanti, kita bisa terhindar dari konflik yang bisa menghancurkan hubungan suami istri.
Nah, akhirnya rasa ingin tahu ini terjawab sudah setelah mel baca buku yang berjudul “habis nikah ngapain?” yang ditulis oleh Daniel Arseneault dan sudah diterjemahkan oleh Fany Arsiyanti.


Di dalam buku ini, tidak hanya menyajikan tentang hal apa saja yang menyebabkan suatu pertengkaran dalam rumah tangga, bagaimana menciptakan dan menjgaa cinta dalam pernikahan, tapi juga disertakan dengan kisah nyata dari perjalanan rumah tangga orang lain.

Jadi Mel bisa tahu, ooh jadi ini konflik dalam rumah tangga, bagaimana awalnya konflik itu terjadi, apa penyebabnya dan akhirnya kita bisa belajar dari pengalaman mereka yang sudah berkeluarga.

Dilansir dari buku “habis nikah ngapain?”  Berikut masalah yangs sering terjadi dalam rumah tangga:
1.       Uang
Singkat cerita, ada sepasang suami istri yang bernama Gilang dan Lia, Gilang akhirnya memutuskan untuk menceraikan istrinya karena istrinya mempunyai kartu kredit yang sudah membengkak. Kalo dilihat dari segi ekonomi, Gilang memiliki penghasilan yang cukup besar, jadi ini bukan masalah Gilang yang tidak bisa memberikan nafkah, tapi dari Lia yang tidak bisa mengontrol duit, lalu bagaimana solusinya ?
Minta maaf dan memaafkan
Itulah salah satu rahasia agar kehidupan rumah tangga langgeng dari ustad Khalid basalamah, karena setiap kita pasti pernah melakukan kesalahan.

Nah kesimpulan tentang masalah keuangan yang dikutip dari buku ini yaitu, pasangan yang berbeda latar belakang mempunyai cara yang berbeda dalam mengelola keuangan rumah tangga.

2.       Keluarga
Nah kalo tentang keluarga, dari buku diceritakan ada sepasang kekasih bernama Yudi dan Ratna, dimana mereka juga tinggal bersama orangtua Yudi. Permasalahan berawal dari Mama Yudi yang mengatur setiap hal yang dilakukan Ratna untuk Yudi sehingga Ratna merasa kehilangan jati dirinya dan  ketika dia mengadukan hal tersebut ke Yudi, Yudi malah tidak berpihak kepadanya, dan pada akhirnya Lia merasa kecewa dengan sikap Yudi tersebut.

3.       Anak-anak
Pasti akan ada masalah yang muncul dalam berumah tangga, apalagi ketika mempunyai anak, akan ada perbedaan pendapat seperti bagaimana merawat anak, bagaimana pendidikan anak, dan waktu berdua pasanganpun akan berkurang karena sudah sibuk dengan mengurus anak. Dari sinilah, pasangan suami istri mencari celah bagaimana caranya agar keharmonisan tetap terjaga.

4.       Kekecewaan
Rasa kecewa bisa bermula dari hal yang tidak disukai dari pasangan kita, yang dulunya kita menganggap itu sebuah hal yang bisa diterima, tapi lama-lama hal tersebut malah membuat rasa kesal didalam hati

5.       Seks
Ada kutipan yang bagus dari buku ini
“ setiap orang mengalami puncak seksual pada waktu yang berbeda. Hal itu tidak berkaitan dengan usia dan jenis kelamin, tetapi kondisi emosional. Jadi pria dan wanita bisa mencapai puncak seksual ketika merasa nyaman dengan tubuh dan seksualitas mereka.

Jadi, nanti kalo ada masalah yang dihadapi dalam hal seks, memang saling terbuka dengan pasangan merupakan solusi yang sangat bagus.

6.       Perselingkuhan
Ada kutipan dalam buku ini, seperti ini kalimatnya
“ ada bentuk perselingkuhan lain sebelum menuju bentuk perselingkuhan fisik, yaitu perselingkuhan emosional. Perselingkuhan emosional terjadi ketika seseorang , dekat secara emosional dengan orang lain selain pasangannya. Begitu anda mulai menceritakan kehidupan anda secara rinci, mimpi, harapan, atau permasalahan anda kepada orang lain yang bukan pasangan anda, anda sudah tidak setia secara emosional.”

Dan Mel jadi sadar ternyata hal seperti ini juga termasuk dalam perselingkuhan, yang awalnya terlihat hal yang sepele tapi lama-kelamaan hal tersebut bisa menjadi penyebab terjadinya masalah yang besar.

Memang banyak macam masalah yang muncul dalam rumah tangga dan kita tidak bisa menghindarinya, tapi kita harus menghadapinya dan mencari solusinya agar kemudian hari tidak terulang lagi kesalahan yang sama, dan setidaknya dengan membaca seperti membaca hal yang menjadi penyebab pertengkaran dalam rumah tangga ini, bisa membantu kita belajar mencari solusi ketika meghadapi masalah yang sama.


Oke sekalian dulu ulasan dari Melvi, semoga bermanfaat ya J






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diet dengan Nestum "Nestle" enak tanpa nyiksa

Assalmualaikum teman2, pie kabare ? Sehat2 aja kan ? Alhamdulillah Melvi juga sehat, makin sehat malah wkwk. Bahagia juga kan ? Alhamdulillah Mel juga bahagia, keliatan dari badan hahaaa. You know guys, ini first time berat badan gueee di atas 70 kg, otokeee 😦, tepatnya kemaren ini berat gue sudah mencapai 74,5 kg :). Tapi kalau ga makan malam gue berkurang menjadi 73,3 kg. Dan alhamdulillah berkat ga makan malam dan cuma makan nestum, itu tuh produk baru dari Nestle, so berat yang awalnya 73,3 kg setelah makan nestum berat gua cuma naik 0,03 kg, jadi total berat badan cuma 73,6 kg (cuma ? Hahaa ) yeeey :D. Ini nih buktinya Ini timbangan Mel jepret habis magrib ya sekitar jam 7an "13 Januari 2019", ini kondisinya udah BAB, kerja sampe ngeluarin keringat banyak hari itu plus belum makan malam dengan keadaan perut laper per per. So, karena gue tau nih, kalo makan malam pasti balik lagi berat badan gue jadi 74,5 kg, jadi gue mau hindari bener2 deh makan malam, karena sem

Pengalaman Merantau ke Kota Tangerang

                                                                                                                                                           Haloo assalamualaikum dunsanak sadonyoo :) Sudah lama ya kita tidak bertemu di blog ini huhuuu maafkan Soalnya kemaren Mel sibuk pindahan, yap pindahan, Mel sekarang udah ga di Padang lagi huaaa but im in Banten :D tepatnya di kota Tangerang, unpredictable :). Nah Mel mau ceritain pengalaman Mel selama tinggal di Tangerang, semoga buat teman-teman yang mau merantau ke kota Tangerang juga terbantu dengan pengalaman Melvi ya :). Nah sebelumnya, Mel mau ceritain sedikit nih tentang kota Tangerang, jadi teman-teman bisa dapat gambaran tentang kota Tangerang :D. Kota Tangerang merupakan salah satu kota di provinsi Banten, nah selain kota Tangerang ada 3 kota lagi antara lain kota Serang, Cilegon dan Tangerang selatan. Nah di provinsi Banten ini ada 4 kabupaten juga ya antara lain kabupaten lebak, pandeglang, serang dan tange

Review Buku Wanita Berkarir Surga

Halo assalamualaikum dunsanak sadonyo J Kali ini Mel mau review buku wanita berkarir surga yang ditulis oleh Ustad Felix Y. Siauw. Hmm setelah baca buku ini, ada beberapa garis besar yang mau Mel sampaikan, antara lain: 1.        Feminisme Di awal buku ini, ustad Felix Y. Siauw menjelaskan tentang feminisme. Kalau menurut Mel kenapa ustad Felix menjelaskan paham feminisme di bagian awal buku karena dari sinilah timbul perdebatan dimana ada beberapa wanita yang merasa kalo wanita itu tertindas karena aturan-aturan yang ada, apalagi di agama islam banyak sekali aturan yang diberikan kepada wanita. Nah di bagian bab ini, bakalan ada penjelasan tentang sejarah awal mulanya paham feminisme ini muncul, pandangan dari berbagai agama tentang wanita juga menjelaskan tentang imbas dari feminisme ini dan kemudian muncul paham anti-feminisme karena sudah mengetahui akibat dari paham femininsme ini . 2.        Perbedaan laki-laki dan wanita Nah di bagian inti ustad Felix jabarin