Langsung ke konten utama

Pengalaman ikut kelas pelatihan "Basic Photography" bersama Rumah Siap Kerja

Halo assalamualaikum teman-teman semuanya :)
kali ini Melvi mau cerita pengalaman Melvi mengikuti kelas pelatihan " Basic Photography" yang diadakan oleh rumah siap kerja, untuk info-info terupdate dari rumah siap kerja bisa follow di @rumahsiapkerja.
Oiya untuk hasil jepretan Mel, bakal Mel posting di instagram Mel ya ini @me_minangmelvi.

...Emang bahas apa aja Mel ?
Basic Photography
emang materinya apa aja Mel ?
ada eksposure, komposisi, dan pencahayaan
waah apa itu ? susah ya pelajarinnya :( ?
engga kok, gampang :)
....
Kata terakhir itulah yang sering diucapkan sama coach kita, mas @faizalrachman_ beliau yang mengajarkan ilmu basic photography selama 2 hari kemaren, tepatnya pada tanggal 29 & 30 Juli 2019 di rumah siap kerja, ini nih lokasinya


1day belajar eksposure ( Apperture, Shutter speed dan ISO)
2day belajar AV, TV, komposisi dan pencahayaan

Yap, untuk belajar photography itu, yang penting praktek, praktek dan praktek, kalo mau hasil foto yang lebih bagus lagi, pelajari juga teknik-tekniknya #ithink :)
nah karena itulah Mel mau ikut kelas pelatihan basic photography ini.

Sebelum pelatihannya dimulai, Mel baca-baca dulu di google seperti apa itu basic photography, apa aja yang dipelajari, terus ketemu deh artikel yang ngebahas tentang eskposure, lah eskposure apaan ? cari lagi, apa itu ekposure, wah ketemu lagi, 3 elemen eskposure, yaitu apperture, shutter speed dan ISO. Lah ini apa lagi ? cari lagi di google, dan begitulah seterusnya :D.

Btw  Melvi emang udah lama punya kamera DSLR, tepatnya udah 5 tahun, tapi tombol yang dipake paling mode auto, no flash, video, udah itu aja :D. Dulu kepengen beli kamera ya karena suka foto-foto dan pas pake yang mode auto hasilnya udah bagus aja, ya udah pake mode auto karena udah terlanjur nyaman dengan mode ini :) #autokalimatbaper :D.

But, setelah mengikuti kelas photography ini Melvi baru nyadar, lah rugi dong Mel selama ini, punya kamera dengan tool yang sebanyak itu, tapi ga dipake, wah harus dimanfaatin ini kamera sebelum dijual. #ehh:D.

Oke kembali ke pembahasan pencarian doi di google, dan apa kesimpulan dari pencarian Mel tersebut  ??
kesimpulannya lumayan susah untuk dimengerti dan memahami maksud dari kalimat-kalimat artikel tersebut, rasanya itu kalimat kayak bacaan pas zaman sekolah dulu, ngerti kan maksudnya? *kalimat buku.

Oiya pelatihan ini diadakan di rumah siap kerja, singkatnya rumah siap kerja itu memberikan kelas-kelas pelatihan tentang ilmu soft skill maupun hard skill seperti photography, editing video, bisnis dan masih banyak lagi, dan disini juga ada info tentang lowongan pekerjaan, kalo mau tau lebih jelasnya bisa buka di instagram rumah siap kerja.

Harapan setelah mengikuti pelatihan  ini, ya pastinya bisa mengerti dan mempraktekan ilmu yang diberikan.
Dan yap, alhamdulillah Mel dan teman-teman mengerti dengan ilmu yang diberikan coach @faizalrachman_ :).
Ini karena coach Faizal menyampaikan materi dengan bahasa yang mudah dimengerti, terus setiap coach memberikan suatu statement, coach juga menjelaskan alasan kenapa statement itu ada, dan ini yang paling Mel suka :) cause Mel orangnya ga bisa nerima suatu statement gitu aja kalo ga dijelasin  kenapa statement itu ada, 
contohnya gini
coach Faizal mengatakan, dari 2 orang yang mengambil foto dengan objek yang sama akan menghasilkan foto yang berbeda, karena setiap orang mempunyai latar belakang dan ketertarikan yang berbeda.

Misal
Si A (orang pertama) tidak pernah ke stasiun kereta
Si B ( orang kedua) sudah sering ke stasiun kereta
Bagi Si A stasiun kereta itu sesuatu yang baru dan menarik, tapi bagi si B ini merupakan hal yang biasa bagi dia karena sudah sering ke stasiun kereta.
Nah karena latar belakang yang berbeda itulah, hasil foto dan pesan yang akan disampaikan dari foto tersebut akan berbeda :). Gimana udah ngerti ga ? atau perlu Mel buat dalam bentuk vlog ? #ehh:D.

Oke, sekian dulu sharing-sharingnya dari Mel, semoga teman-teman juga tertarik buat belajar photography, karena selain tulisan dan berbicara, dengan fotolah kita bisa menceritakan suatu momen itu :).

Oiya ini ada beberapa suasana belajar selama pelatihan di kelas dan juga praktek photography yang kita lakukan setelah pemberian materi :)

foto peserta pelatihan bersama coach Faizal Rachman
foto bersama coach Faizal Rachman

Hari Pertama
 coach Faizal sedang memberikan arahan

 praktek teknik diafragma 

 teknik Shutter speed

masukan dari coach Faizal Rachman setelah praktek

Hari kedua
  praktek tentang materi komposisi

praktek teknik Shutter speed dan komposisi

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. sudah cukup bagus, harus ada penambahan detail sedikit (yudha)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke mas Yudha, makasi buat masukannya :) bisa Mel terapkan sarannya untuk next blog hehee

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diet dengan Nestum "Nestle" enak tanpa nyiksa

Assalmualaikum teman2, pie kabare ? Sehat2 aja kan ? Alhamdulillah Melvi juga sehat, makin sehat malah wkwk. Bahagia juga kan ? Alhamdulillah Mel juga bahagia, keliatan dari badan hahaaa. You know guys, ini first time berat badan gueee di atas 70 kg, otokeee 😦, tepatnya kemaren ini berat gue sudah mencapai 74,5 kg :). Tapi kalau ga makan malam gue berkurang menjadi 73,3 kg. Dan alhamdulillah berkat ga makan malam dan cuma makan nestum, itu tuh produk baru dari Nestle, so berat yang awalnya 73,3 kg setelah makan nestum berat gua cuma naik 0,03 kg, jadi total berat badan cuma 73,6 kg (cuma ? Hahaa ) yeeey :D. Ini nih buktinya Ini timbangan Mel jepret habis magrib ya sekitar jam 7an "13 Januari 2019", ini kondisinya udah BAB, kerja sampe ngeluarin keringat banyak hari itu plus belum makan malam dengan keadaan perut laper per per. So, karena gue tau nih, kalo makan malam pasti balik lagi berat badan gue jadi 74,5 kg, jadi gue mau hindari bener2 deh makan malam, karena sem

Pengalaman Merantau ke Kota Tangerang

                                                                                                                                                           Haloo assalamualaikum dunsanak sadonyoo :) Sudah lama ya kita tidak bertemu di blog ini huhuuu maafkan Soalnya kemaren Mel sibuk pindahan, yap pindahan, Mel sekarang udah ga di Padang lagi huaaa but im in Banten :D tepatnya di kota Tangerang, unpredictable :). Nah Mel mau ceritain pengalaman Mel selama tinggal di Tangerang, semoga buat teman-teman yang mau merantau ke kota Tangerang juga terbantu dengan pengalaman Melvi ya :). Nah sebelumnya, Mel mau ceritain sedikit nih tentang kota Tangerang, jadi teman-teman bisa dapat gambaran tentang kota Tangerang :D. Kota Tangerang merupakan salah satu kota di provinsi Banten, nah selain kota Tangerang ada 3 kota lagi antara lain kota Serang, Cilegon dan Tangerang selatan. Nah di provinsi Banten ini ada 4 kabupaten juga ya antara lain kabupaten lebak, pandeglang, serang dan tange

Pengalaman naik kereta api kelas ekonomi ke Yogyakarta

Pengalaman naik kereta api kelas ekonomi   ke Yogyakarta Halo assalamualaikum teman2, akhirnya kita bisa bertemu lagi di blog Melvi tercinta ini. Btw rencana Melvi ke Yogyakarta ini dadakan banget, baru seminggu yang lalu tepatnya hari selasa tanggal 14 mei 2019, so untuk planning wisata yang mau dikunjungipun dadakan. By the way pertimbangan Mel buat ke Yogyakarta pun banyak juga salah satunya, i will travelling in ramadhan, you knowlah gimana mau travelling pas puasa ? kita maunya coba makanan di daerah itu, minumannya, cemilan2nya, lah ini malah puasa, but i think again, so apa bedanya kalo gua kerja ? dan kesempatan ga datang 2 kali, itu yang selalu gua terapkan dalam hidup 🙂 so Melvi putuskan untuk ke Yogyakartaaaaa  😁 . Pastinya first, Melvi cari tiket kereta ke Yogya, dan harga tiket yang mehong pun mulai kebayang, karena ini tanggal udah dekat-dekat    lebaran, tapi Mel coba aja cari-cari, dan alhamdulillah dapat tiket yang harganya masih normal, dan dapa