Langsung ke konten utama

Kamu ada masalah ? kuy callling Allah SWT


Kamu ada masalah ? kuy callling Allah SWT


Kamu ada masalah ? ada rasa ragu mengambil langkah ? yuk curhat sama Allah SWT pasti ada jawaban dari-Nya.

Assalamualaikum teman-temaaaan :D

Pagi-pagi gini, pasti teman-teman sudah mempersiapkan segala hal yang akan dilakukan pagi ini, siang ini, dan lanjut keesokan harinya, ya begitulah hidup, mengejar apa yang kita ingin capai dalam hidup untuk bekal hidup setelah didunia.
Dan dalam hidup pasti setiap kita ada masalah yang  sudah kita lewati, sedang maupun akan kita hadapi lagi dimasa mendatang. Entah itu dengan pekerjaan, pertemanan, percintaan, dan masalah lainnya.

Tapii jangan pernah mengeluh ketika masalah dataang, karena itu merupakan bentuk kasih sayang Allah SWT kepada kita manteman, Allah ingin melihat siapa dianatara hamba-Nya yang bisa melewati masalah tersebut dengan baik dan tentunya Allah SWT akan lebih senang lagi, kalo setiap masalah yang kita hadapi, kita meminta pertolongannya kepada Allah SWT.
Ya ga ? J kuyy curhat sama Allah SWT dengan calling Allah lewat doa.

Kalo berbicara meminta pertolongan Allah SWT, pasti kita langsung teringat dengan kata “DOA”
Okeey sebelum mel ngebahas doa, coba kita bahas dari dasarnya dulu yukk
-          - Apa itu doa
-         -  Kenapa harus lewat doa
-         -  Apa itu kekuatan doa
-        -   Bagaimana doa bekerja

Untuk pembahasan dibawah berikut, ada yang sumbernya mel ambil dari artikel islam, hasil pemikiran dan pengalaman mel sendiri, jadi kalo kira-kira ada yang salah atau mengganjal, boleh di comment di kolom commnet dibawah ya, xiexie J
 Oke untuk pembahasan pertama

-         Apa itu doa
Dikutip dari https://www.bacaanmadani.com/2017/08/pengertian-doa-dan-dalil-al-quran.html doa secara bahasa, dimana mengandung artinya doa adalah tentang "seruan". Sedangkan pengertian doa menurut istilah adalah suatu permohonan atau permintaan dan ucapan dalam hati kepada Allah SWT sebagai tuhan semesta alam.

Dari pengertian diatas, kesimpulan yang bisa mel dapat, doa adalah media kita dengan Allah SWT untuk mengobrol sama Allah SWT, mencurahkan semuaaaa isi hatti kita, masalaah apa yang kita hadapi, apa yang kita inginkan dan lain2.
Hmmm perumpamaaannya kayak gini

Ketika kita curhat dengan manusia, media kita untuk mencurahkan masalaah kita ke teman bisa dengan ketemu langsung, atau kalo ga bisa ketemu, bisa dilakukan dengan chat misal lewat Whatsaps, line, instagram dll.
Nah, itu sama seperti kita ingin curhat sama Allah SWT, ada medianya, yaitu DOA
Okeey, udah satu pemahaman kan ? lanjut poin kedua,

-         Kenapa harus lewat doa ?
Poin kedua, kenapa harus lewat doa ? kenapa kita curhat sama allah SWT itu lewat doa??
Nah, itu pertanyaan yang juga muncul dari mel, kenapa allah memberikan solusi untuk menyelesaikan masalah dengan cara berdoa ?
Ayooo ada yang bisa jawab ga ? wkwk

Hmm kalo nurut mel sih, ya kenapa lewat doa, karena doa itu kan kita mencurahkan semua isi hati ke Allah SWT, dan yang namanya curhat itu kan kita butuh perhatian dari pihak yang mendengarkan curhatan kita, ya dengan doa, hanya kita sama Allah SWT yang tahu isi doanya apa, dan Allah SWT merasa diistimewakan karena kita doanya cuma  sama Allah SWT, ya ga ? :D
Coba kalo misalnya kita disuruh curhat tapi didepan orang banyak, bisa jadi orang tersebut malah menggunakan doa kita tersebut untuk hal2 yang ga baik. Cause we dont know what people think correctly. right ?

-         Apa itu kekuatan doa


Allah berfirman dalam surat Al-Mu’min Ayat 60
"Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina".

Berdasarkan firman Allah SWT dalam surat Al-Mu’min Ayat 60, Mel mendapatkan kesimpulan bahwa Allah mengajak hamba-Nya untuk  berdoa, karena dengan cara ini, Allah bisa mendengarkan semua curhatan hati hamba-Nya, lalu apa yang membuat doa tersebut berbeda dari media yang lain ? apa yang membuat doa mempunyai kekuatan yang tidak dimiliki media curhat yang lain ? Sebelum kita bahas ini, kuy baaca dulu hadis berikut

"Berdoalah kamu kepada Allah dan yakinilah akan dikabulkan, ketahuilah sesungguhnya Allah tidak akan mengabulkan doa dari orang yang hatinya lalai.
(HR. At-Tirmidzi, Sunan Attirmidzi, V: 517, At-Thabrani, Al-Mu’jamul ausat, V: 211)

Berdasarkan hadis diatas, kita jadi tahu kan, Allah mengajak kita ntuk berdoa, tapi bukan hanya sekedar bilang ke Allah SWT tentang apa yang kita rasakan tapi tidak ada rasa yakin .
Perumpamaannya seperti ini
kita mau melewati suatu jalan, kalo kita yakin dengan jalan yang kita tempuh, pasti kita akan melangkah dengan percaya diri, dan pasti ada rasa berani dan kekuatan untuk melewatinya, tapi kalo kita ragu-ragu melewati jalan tersbeut, maka ketika melangkah kita juga akan ragu-ragu, dan kita ga bakal bisa melewati jalan tersebut.

Nah sama seperti doa kepada Allah SWT, kalo kita ragu-ragu, ga percaya diri, ga yakin bakal dikabulin Allah SWT ya hasilnya juga bakal gitu.
Mungkiiin ada beberapa hal yang membuat kita ragu misal disaat kita minta sesuatu, kita merasa “ahh mana mungkin bisa mendapatkan itu, ahh mana mungkin bisa, kan...... dan dengan berbagai alasan yang membuat kita jadi rendah diri. Tenaaaang ga ada yang ga mungkin sama Allah SWT, ingatkan ungkapan “Man Jadda WaJada” yang artinya “Barangsiapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil”

kalo niat kita baik, dengan cara baik, pasti Allah akan kabulkan, alhamdulillah Mel sudah pernah merasakannya, dari pengalaman Mel mengikuti program exchange student  pas kuiah “Exchange Student to China” tepat 3 tahun yang lalu, dari sana mel dapat pelajaran bahwa prasangka Allah SWT akan mengikuti prasangka hamba-Nya, sesuai firman Allah dibawah ini:
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Allah Ta’ala berfirman,
أَنَا عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِى بِى
Aku sesuai dengan persangkaan hamba pada-Ku” (Muttafaqun ‘alaih).

Dari firman Allah SWT diatas, mengajarkan kita bagaimana seorang muslim harus huznuzhon pada Allah dan memiliki sikap roja‘ (harap) pada-Nya. Itu sama seperti ketika kita berdoa, apabila kita berprasangka baik sama Allah SWT bahwa doa kita akan dikabulkan maka Allah akan yakin juga sama kita. Dan berdoalah terus menerus agar doa kita semakin kuat. 

Doa akan menjadi mustajab dan kuat bilamana doa kita berada pada hukum atau kodrat Tuhan.
Doa yang kuat dan mustajab harus konsisten dan kompak melibatkan empat unsur yakni antara hati (niat), ucapan (statment), pikiran (planning), dan tindakan (action) jangan sampai terjadi kontradiktori.
Misal kita mau mendapatkan pekerjaan yang sesuai kita inginkan

Dari hati (niat): mendapatkan pekerjaan sesuai yang kita inginkan
Dari ucapan (statment): berdoa kepada Allah dengan permintaan berikanlah pekerjaan yang sesuai dengan ku inginkan ya allah SWT
Dari pikiran (planning): memikirkan bagaimana caranya mendapatkan pekerjaan tersebut, misal mengikuti komunitas yang bergelut di dunia pekerjaan tersebut
Tindakan (action): melakukan kegiatan yang mendukung pekerjaan tersebut, misal kalo kita menginginkan pekerjaan di dunia tulis menulis. Kita bisa mulai dari sekarang menulis appa ajaa yang bermanfaat, kalo kita suka di dunia marketing, ya dalami ilmu marketing seperti apa itu marketing, negosiasi, cara memasarkan produk dll. Kao kita suka fotografi yaaa lakukan kegiatan yang berhubungan dnegan fotografi seperti mengambil foto dengan objek yang bagus, latih terus kemampuan fotografinya. Intinyaa lakukanlah apa yang kalian suka, yakinlah rezeki itu bisa datang dari mana aja, ya ga ? :D

Naah, poin pentingnya di tindakan (action), sebab kekuatan doa yang paling ideal adalah doa yang diikuti dengan PERBUATAN (usaha) secara konkrit. Untuk hasil akhir, pasrahkan semuanya kepada “kehendak” Allah SWT, tetapi ingattt usaha mewujudkan doa merupakan tugas manusia.

Dan itulah kekuatan doa, bisa mengabulkan permintaan kita J

Sekiaaan coretan pagi inii, semoga bermanfaat :D  
Ohyaa untuk poin ke 4 "Bagaimana doa bekerja" kapan2 mel bahas yaa, kalo disini juga entar kepanjangan lagi :D btw poin ke 4 bakal mel bahas sesuai kisah nyata.

wassalam :)





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diet dengan Nestum "Nestle" enak tanpa nyiksa

Assalmualaikum teman2, pie kabare ? Sehat2 aja kan ? Alhamdulillah Melvi juga sehat, makin sehat malah wkwk. Bahagia juga kan ? Alhamdulillah Mel juga bahagia, keliatan dari badan hahaaa. You know guys, ini first time berat badan gueee di atas 70 kg, otokeee 😦, tepatnya kemaren ini berat gue sudah mencapai 74,5 kg :). Tapi kalau ga makan malam gue berkurang menjadi 73,3 kg. Dan alhamdulillah berkat ga makan malam dan cuma makan nestum, itu tuh produk baru dari Nestle, so berat yang awalnya 73,3 kg setelah makan nestum berat gua cuma naik 0,03 kg, jadi total berat badan cuma 73,6 kg (cuma ? Hahaa ) yeeey :D. Ini nih buktinya Ini timbangan Mel jepret habis magrib ya sekitar jam 7an "13 Januari 2019", ini kondisinya udah BAB, kerja sampe ngeluarin keringat banyak hari itu plus belum makan malam dengan keadaan perut laper per per. So, karena gue tau nih, kalo makan malam pasti balik lagi berat badan gue jadi 74,5 kg, jadi gue mau hindari bener2 deh makan malam, karena sem

Pengalaman Merantau ke Kota Tangerang

                                                                                                                                                           Haloo assalamualaikum dunsanak sadonyoo :) Sudah lama ya kita tidak bertemu di blog ini huhuuu maafkan Soalnya kemaren Mel sibuk pindahan, yap pindahan, Mel sekarang udah ga di Padang lagi huaaa but im in Banten :D tepatnya di kota Tangerang, unpredictable :). Nah Mel mau ceritain pengalaman Mel selama tinggal di Tangerang, semoga buat teman-teman yang mau merantau ke kota Tangerang juga terbantu dengan pengalaman Melvi ya :). Nah sebelumnya, Mel mau ceritain sedikit nih tentang kota Tangerang, jadi teman-teman bisa dapat gambaran tentang kota Tangerang :D. Kota Tangerang merupakan salah satu kota di provinsi Banten, nah selain kota Tangerang ada 3 kota lagi antara lain kota Serang, Cilegon dan Tangerang selatan. Nah di provinsi Banten ini ada 4 kabupaten juga ya antara lain kabupaten lebak, pandeglang, serang dan tange

Pengalaman naik kereta api kelas ekonomi ke Yogyakarta

Pengalaman naik kereta api kelas ekonomi   ke Yogyakarta Halo assalamualaikum teman2, akhirnya kita bisa bertemu lagi di blog Melvi tercinta ini. Btw rencana Melvi ke Yogyakarta ini dadakan banget, baru seminggu yang lalu tepatnya hari selasa tanggal 14 mei 2019, so untuk planning wisata yang mau dikunjungipun dadakan. By the way pertimbangan Mel buat ke Yogyakarta pun banyak juga salah satunya, i will travelling in ramadhan, you knowlah gimana mau travelling pas puasa ? kita maunya coba makanan di daerah itu, minumannya, cemilan2nya, lah ini malah puasa, but i think again, so apa bedanya kalo gua kerja ? dan kesempatan ga datang 2 kali, itu yang selalu gua terapkan dalam hidup 🙂 so Melvi putuskan untuk ke Yogyakartaaaaa  😁 . Pastinya first, Melvi cari tiket kereta ke Yogya, dan harga tiket yang mehong pun mulai kebayang, karena ini tanggal udah dekat-dekat    lebaran, tapi Mel coba aja cari-cari, dan alhamdulillah dapat tiket yang harganya masih normal, dan dapa